Minggu, 21 September 2008

The discovery of America

Siapakah penemu benua Amerika?
Aku sangat yakin semua bakalan menjawab “Columbus” si orang Italia itu!
Sebagai mahasiswa Pengkajian Amerika amatiran, yang belum bisa share banyak hal tentang Amerika, aku mo bagi2 the first lesson I got from the class, huek…wekkJ
Ternyata Columbus bukan orang yang pertama kali menemukan Amerika, sejauh ini ada beberapa teori yang menyebutkan bahwa sebelum kedatangan Columbus, Amerika sudah dieksplorasi dan dihuni oleh orang2 asia yang berlayar dari China lalu berlanjut melalui Siberia dan Alaska, jalur ini kemudian dikenal sebagai Selat Bering. Teori pertama ini dikemukakan oleh para arkeolog. Selanjutnya ada yang mengatakan bahwa dalam teks Budha dikisahkan bahwa ada lima orang pendeta yang berlayar ke Mexico atau Guetamala di tahun 458 (hijriyah apa masehi yak). Mereka meyakini bahwa akan menemukan sebuah daratan yang dinamakan kerajaan Fu-Sang.
Nah…sekarang sudah pada tahu kan klo ternyata Columbus itu bukan orang non Indian yang menemukan Amerika.
Ternyata dulu tujuan pelayaran Columbus bukanlah Amerika tapi Asia, pastinya adalah India. Dan yang ditemukan adalah daratan Amerika, jadi dia menyebut orang2 asli Amerika dengan sebutan “Indian” yang kita kenal sampai sekarang. Lalu adakah yang tahu nama suku asli Amerika selain nama salah kaprah yang dikenalkan oleh Columbus? I’ll waiting for ‘ur answer and the theory mentioned via email J.

0 komentar: